Sabtu, 12 November 2016

SEMINAR HASIL PENELITIAN PENDIDIKAN



A.   Latar Belakang
Dalam era globalisasi, penelitian menjadi ujung tombak bagi peningkatan daya kompetitif sumber daya manusia dan produk. Penelitian merupakan suatu bentuk kegiatan ilmiah untuk mendapatkan pengetahuan atau kebenaran. Ada dua teori kebenaran pengetahuan, yaitu teori koherensi dan korespondensi. Teori koherensi beranggapan bahwa suatu pernyataan dikatakan benar apabila sesuai dan tidak bertentangan dengan pernyataan sebelumnya. Aturan yang dipakai adalah logika berpikir atau berpikir logis. Sementara itu teori korenspondensi berasumsi bahwa sebuah pernyataan dipandang benar apabila sesuai dengan kenyataan (fakta atau realita). Untuk menemukan kebenaran yang logis dan didukung oleh fakta, maka harus dilakukan penelitian terlebih dahulu. Inilah hakikat penelitian sebagai kegiatan ilmiah atau sebagai proses the acquisition of knowledge.
Peningkatan penelitian diharapkan tidak hanya pada segi kuantitas namun juga pada kualitas penelitian di mana pada sebuah perguruan tinggi dan satuan pendidikan salah satunya ditentukan oleh jumlah penelitian mutu penelitian dan publikasi hasil penelitian.Jurnal merupakan salah satu bahan pustaka berisi kumpulan artikel yang merupakan rangkuman dari sebuah kajian penelitian, analisa atau reviewpenelitian dari penulis artikel tersebut. Karena berbasis penelitian, analisa atau reviewpenelitian, setiap artikel yang termuat biasanya terkandung nilai-nilai ilmiah. Jurnal dalam media konvensional (yang ada sebelum muncul e-Journal) dikemas dalam bentuk buku, selanjutnya akan menjadi  sumber informasi dan sumber pengetahuan bagi orang-orang yang membutuhkan. Dalam hubungannya dengan dunia pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal tersebut sangat berhubungan dengan dunia pendidikan. Keberadaan suatu jurnal dalam dunia pendidikan saat ini mutlak diperlukan, terlebih lagi dalam instansi sekolah dan perguruan tinggi.
Sebagai tindak lanjut dari luaran penelitian, akademisi dituntut untuk mampu mempublikasikan hasil penelitiannya agar reputasinya sebagai peneliti meningkat dan bisa mencapai pangkat dan jabatan yang lebih tinggi. Salah satu tahapan penting dalam proses publikasi adalah diseminasi hasil penelitian melalui seminar atau konferensi di tingkat nasional dan internasional. Perguruan tinggi dan satuan pendidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu memberi wadah pelayanan agar dosen, guru, peneliti, dan mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitian/kajiannya sebagai bagian tuntutan karirnya. Melalui seminar nasional khususnya diharapkan para dosen, guru, peneliti, dan mahasiswa bisa bertukar informasi dan pengalaman sehingga akan dapat menambah wawasan dan kematangan berpikir ilmiah. Seminar nasional dapat juga menjadi sarana untuk menjalin kerja sama antarpeneliti sebidang, khususnya pada bidang pendidikan. Keikutsertaan peneliti dalam seminar nasional juga dapat membuka peluang publikasi ilmiah pada jurnal yang memiliki reputasi yang baik dalam lingkup nasional maupun internasional.

B.   Tujuan

1.    Tujuan Umum:
Meningkatkan kualitas ilmiah dan keilmuan dalam atmosfer satuan pendidikan dan perguruan tinggi sebagai center of excellent dalam rangka peningkatan kualitas penelitian dan kajian disiplin ilmu bagi kalangan peneliti,dosen, guru, mahasiswa,serta stakeholder lainnya.
2.    Tujuan Khusus:
a)    Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian bagi peneliti, dosen, guru, mahasiswa di bidang pendidikan, penilaian dan evaluasi pendidikan baik kalangan dunia pendidikan maupun pemerintah.
b)    Memicu minat dan potensi penelitian keilmuan bagi kalangan akademis dan mahasiswa di lingkungan fakultas dan pascasarjana pada khususnya, dan di lingkungan pendidikan/akademisyang lebih luas.

C.   Manfaat
Adapun hasil/output yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut antara lain:
1.    Terciptanya motivasi dalam melaksanakan penelitian-penelitian terkait dalam atmosfer satuan pendidikan dan dunia pendidikan di Indonesia.
2.    Menambah referensi di bidang ilmu pendidikan, khususnya disiplin ilmu pendidikan bagi kalangan akademisi perguruan tinggi dan satuan pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas keilmuan di bidang pendidikan.
3.    Memberikan penyegaran dan upgrading pengetahuan terbaru bagi para dosen pendidikan Universitas Negeri Jakarta khususnya, dan bagi kalangan akademisi dan pemerhati pendidikan yang lebih luas.



TERIMA KASIH KEPADA SELURUH PESERTA SEMINAR HASIL PENELITIAN PENDIDIKAN. TELAH BERPARTISIFASI DALAM KEGIATAN YANG DISELENGGARAKAN PROGRAM STUDI PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN YANG PADA PELAKSANAAN KEGIATAN KAMI, KAMI BERHARAP DAN BERUPAYA AKAN LEBIH BAIK PADA KEGIATAN KAMI SELANJUTNYA.
UNTUK PROSIDING DAN JURNAL MOHON MENUNGGU TAHAP FINAL, KARENA SEDANG TAHAP DISESUAIKAN DENGAN KRITERIA PENULISAN NASKAH ILMIAH. MOHON DIMAKLUMI ATAS KETIDAK NYAMANAN INI.

SALAM HORMAT KAMI.
PANITIA SEMINAR HASIL PENELITIAN PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN

PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar