A.
Latar
Belakang
Dalam era globalisasi, penelitian
menjadi ujung tombak bagi peningkatan daya kompetitif sumber daya manusia dan
produk. Penelitian merupakan suatu bentuk kegiatan ilmiah untuk mendapatkan
pengetahuan atau kebenaran. Ada dua teori kebenaran pengetahuan, yaitu teori
koherensi dan korespondensi. Teori koherensi beranggapan bahwa suatu pernyataan
dikatakan benar apabila sesuai dan tidak bertentangan dengan pernyataan
sebelumnya. Aturan yang dipakai adalah logika berpikir atau berpikir logis.
Sementara itu teori korenspondensi berasumsi bahwa sebuah pernyataan dipandang
benar apabila sesuai dengan kenyataan (fakta atau realita). Untuk menemukan
kebenaran yang logis dan didukung oleh fakta, maka harus dilakukan penelitian
terlebih dahulu. Inilah hakikat penelitian sebagai kegiatan ilmiah atau sebagai
proses the acquisition of knowledge.
Peningkatan
penelitian diharapkan tidak hanya pada segi kuantitas namun juga pada kualitas
penelitian di mana pada sebuah perguruan tinggi dan satuan pendidikan salah satunya ditentukan oleh jumlah penelitian
mutu penelitian dan publikasi hasil penelitian.Jurnal merupakan salah satu
bahan pustaka berisi kumpulan artikel yang merupakan rangkuman dari sebuah
kajian penelitian, analisa atau reviewpenelitian dari penulis artikel
tersebut. Karena berbasis penelitian, analisa atau reviewpenelitian, setiap artikel yang termuat
biasanya terkandung nilai-nilai ilmiah. Jurnal dalam media konvensional (yang
ada sebelum muncul e-Journal) dikemas dalam bentuk buku, selanjutnya
akan menjadi sumber informasi dan sumber
pengetahuan bagi orang-orang yang membutuhkan. Dalam hubungannya dengan dunia
pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal tersebut sangat berhubungan dengan
dunia pendidikan. Keberadaan suatu jurnal dalam dunia pendidikan saat ini
mutlak diperlukan, terlebih lagi dalam instansi sekolah dan perguruan tinggi.
Sebagai tindak lanjut dari luaran
penelitian, akademisi dituntut untuk mampu mempublikasikan hasil penelitiannya
agar reputasinya sebagai peneliti meningkat dan bisa mencapai pangkat dan
jabatan yang lebih tinggi. Salah satu tahapan penting dalam proses publikasi
adalah diseminasi hasil penelitian melalui seminar atau konferensi di tingkat
nasional dan internasional. Perguruan
tinggi dan satuan pendidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu
memberi wadah pelayanan agar dosen, guru, peneliti, dan mahasiswa mampu
mempresentasikan hasil penelitian/kajiannya sebagai bagian tuntutan karirnya. Melalui seminar nasional khususnya
diharapkan para dosen, guru, peneliti,
dan mahasiswa bisa bertukar
informasi dan pengalaman sehingga akan dapat menambah wawasan dan kematangan
berpikir ilmiah. Seminar nasional dapat juga menjadi sarana untuk menjalin
kerja sama antarpeneliti sebidang, khususnya pada bidang pendidikan.
Keikutsertaan peneliti dalam seminar nasional juga dapat membuka peluang
publikasi ilmiah pada jurnal yang memiliki reputasi yang baik dalam lingkup
nasional maupun internasional.
B.
Tujuan
1.
Tujuan
Umum:
Meningkatkan
kualitas ilmiah dan keilmuan dalam atmosfer satuan pendidikan dan perguruan tinggi sebagai center of excellent dalam rangka peningkatan kualitas
penelitian dan kajian disiplin ilmu bagi kalangan peneliti,dosen, guru, mahasiswa,serta stakeholder
lainnya.
2.
Tujuan Khusus:
a) Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian bagi peneliti, dosen, guru, mahasiswa di bidang pendidikan, penilaian dan evaluasi pendidikan baik kalangan dunia pendidikan
maupun pemerintah.
b) Memicu minat dan potensi penelitian
keilmuan bagi kalangan akademis dan mahasiswa di lingkungan fakultas dan pascasarjana
pada khususnya, dan di lingkungan pendidikan/akademisyang lebih luas.
C.
Manfaat
Adapun hasil/output yang ingin dicapai dari
kegiatan tersebut antara lain:
1.
Terciptanya
motivasi dalam melaksanakan penelitian-penelitian terkait dalam
atmosfer satuan pendidikan dan dunia pendidikan di Indonesia.
2.
Menambah
referensi di bidang ilmu pendidikan, khususnya disiplin ilmu pendidikan bagi
kalangan akademisi perguruan tinggi dan
satuan pendidikan dalam
rangka peningkatan kualitas keilmuan di bidang pendidikan.
3.
Memberikan
penyegaran dan upgrading pengetahuan terbaru bagi para dosen pendidikan
Universitas Negeri Jakarta khususnya, dan bagi kalangan akademisi dan pemerhati
pendidikan yang lebih luas.
TERIMA KASIH KEPADA SELURUH PESERTA SEMINAR HASIL PENELITIAN PENDIDIKAN.
TELAH BERPARTISIFASI DALAM KEGIATAN YANG DISELENGGARAKAN PROGRAM STUDI
PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN YANG PADA PELAKSANAAN KEGIATAN KAMI,
KAMI BERHARAP DAN BERUPAYA AKAN LEBIH BAIK PADA KEGIATAN KAMI SELANJUTNYA.
UNTUK PROSIDING DAN JURNAL MOHON MENUNGGU TAHAP FINAL, KARENA SEDANG TAHAP
DISESUAIKAN DENGAN KRITERIA PENULISAN NASKAH ILMIAH. MOHON DIMAKLUMI ATAS KETIDAK NYAMANAN INI.
SALAM HORMAT KAMI.
PANITIA SEMINAR HASIL PENELITIAN PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN
PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar